Ipotnews's Profile

Your Profile Pic

Franky Kurniawan


Birth Date : -

Website : http://www.IPOTNEWS.com/

Point : 1859

About me

Brand Manager of IPOTNEWS

Badges

Citizen Journalist
PyoBie
Journalist
Paparazzi
PyoMe
PyoTastic
1500 Points

Articles

Posts

Ipotnews - Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ) memastikan tarif 9 ruas jalan tol di Indonesia akan naik. Penyesuaian tarif tersebut secara serentak akan berlaku mulai hari Jumat, tanggal 8 Desember 2017 pukul 00:00 waktu setempat. Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, kenaikan tarif 9 ruas tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri PUPR . "Iya, kesembilan ruas tol itu telah memenuhi SPM (standar pelayanan minimum)," ujar Herry saat dihubungi, Rabu (6/12). Kesembilan ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit, Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang ABC dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2. Sebanyak 5 ruas dari total 9 ruas tol yang tarifnya naik dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya. Jasa Marga sendiri telah mengkonfirmasi terkait telah terbitnya surat keputusan Menteri PUPR soal penyesuaian tarif tersebut dengan kenaikan tarif rata-rata Rp500-Rp1500 pada ruas tol yang dikelolanya. "Kami telah melakukan upaya-upaya pemenuhan SPM yang telah dilakukan di antaranya adalah implementasi 100 persen pembayaran tol non-tunai di seluruh ruas jalan tol dengan menggunakan Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Multi Bank," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru saat dikonfirmasi. Selain itu menurutnya, Jasa Marga juga melakukan integrasi sistem transaksi tol pada beberapa ruas jalan tol, meng- upgrade sistem peralatan tol untuk men-support pelayanan, penambahan lajur pada beberapa jalan tol yang telah mencapai kapasitas maksimum, penambahan gardu tol di ruas jalan tol, serta penambahan atau memperbaki sarana dan prasarana untuk layanan informasi dan kecepatan response time seperti Close Circuit Television ( CCTV ), Variable Message Sign (VMS), dan Remote Traffic Microwave System ( RTMS ).
Ipotnews- Harga minyak melemah di Asia pada perdagangan Jumat, karena penguatan nilai tukar dolar AS, meski penurunan pasokan OPEC terlihat mendukung pasar hingga tahun depan. Patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangkalight sweetatau West Texas Intermediate (WTI), berada di level USD56,64 per barel pada pukul 01.08 GMT, turun 5 sen dari penutupan terakhir, demikian laporan Reuters, di Singapura, Jumat (8/12). Sementara itu, harga minyak mentah Brent--patokan Eropa dan internasional--menyusut sebelas sen menjadi USD62,09 per barel.Paratradermengatakan pelemahan harga kali ini lebih disebabkan oleh menguatnya dolar AS, yang telah terapresiasi 0,8 persen sepanjang bulan ini terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya.Dolar AS yang lebih kuat bakal dipandang banyak kalangan sebagai penghambat harga minyak mentah, karena membuat pembelian komoditas emas hitam itu lebih mahal di negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya. "Dolar AS yang kuat dapat bertindak sebagai penghalang terhadap harga minyak," tutur Bank of America Merrill Lynch (BoAML) dalam prospek 2018, yang diterbitkan pekan ini.Secara fundamental, harga minyak mendapatkan dukungan dari Organisasi Negara Eksportir Minyak ( OPEC ) dan sekelompok produsen non- OPEC , yang dipimpin oleh Rusia, yang telah menahan pasokan untuk memperketat pasar dan menopang harga. Harga minyak naik tajam antara periode Juni dan Oktober, dengan Brent melonjak sekitar 40 persen.Hal ini sebagian besar disebabkan oleh ekspektasi bahwa OPEC , Rusia dan sekutunya akan memperpanjang pengurangan produksi, yang dilakukan sejak Januari dan pada awalnya akan berakhir Maret, namun dilanjutkan hingga sepanjang 2018. BoAML mengatakan "permintaan global yang kuat dan persediaan yang ketat bisa mendorong harga minyak mentah Brent menjadi USD70 per barel pada pertengahan 2018".Mengancam tujuan OPEC untuk memperketat pasar adalah produksi minyak Amerika, yang melesat lebih dari 15 persen sejak pertengahan 2016 menjadi 9,7 juta barel per hari (bph), tingkat tertinggi sejak awal 1970-an dan mendekatioutputprodusen utama dunia, Rusia dan Arab Saudi. (ef)
Ipotnews - Jaringan Pizza Hut dan Marugume Udon berencana melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) dengan target raihan dana USD150 juta (lebih dari Rp2 triliun). Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, seperti dilansir Bloomberg, Jumat (8/12), PT Sriboga Raturaya telah menunjuk sejumlah penasihat untuk rencana listing jaringan cepat saji dan restorannya itu di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ditargetkan, para paruh pertama 2018, IPO sudah digelar. Pasar pizza Indonesia diperkirakan akan bernilai Rp8,81 triliun pada 2021, meningkat dari Rp5,76 triliun pada 2016, demikian menurut perusahaan konsultan Euromonitor International. Hingga kini, Pizza Hut adalah jaringan pizza paling populer di Indonesia, dengan merebut 70 persen pangsa pasar pada 2016, diikuti Domino dengan pangsa 6,1 persen. IPO Sriboga Raturaya hampir bersamaan dengan IPO operator rumah sakit Hermina Hospital Group dan produsen makanan ringan GarudaFood Group. IPO ini dinilai akan membantu menggairahkan kembali IPO di BEI yang tahun ini merosot 30 persen dari sisi nilai dibandingkan 2016. Data Bloomberg, IPO tahun 2017 menghasilkan dana USD683 juta, berbanding USD1,03 miliar pada 2016.(ha)
Ipotnews - Jaringan Pizza Hut dan Marugame Udon berencana melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) dengan target raihan dana USD150 juta (lebih dari Rp2 triliun). Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, seperti dilansir Bloomberg, Jumat (8/12), PT Sriboga Raturaya telah menunjuk sejumlah penasihat untuk rencana listing jaringan cepat saji dan restorannya itu di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ditargetkan, para paruh pertama 2018, IPO sudah digelar. Pasar pizza Indonesia diperkirakan akan bernilai Rp8,81 triliun pada 2021, meningkat dari Rp5,76 triliun pada 2016, demikian menurut perusahaan konsultan Euromonitor International. Hingga kini, Pizza Hut adalah jaringan pizza paling populer di Indonesia, dengan merebut 70 persen pangsa pasar pada 2016, diikuti Domino dengan pangsa 6,1 persen. IPO Sriboga Raturaya hampir bersamaan dengan IPO operator rumah sakit Hermina Hospital Group dan produsen makanan ringan GarudaFood Group. IPO ini dinilai akan membantu menggairahkan kembali IPO di BEI yang tahun ini merosot 30 persen dari sisi nilai dibandingkan 2016. Data Bloomberg, IPO tahun 2017 menghasilkan dana USD683 juta, berbanding USD1,03 miliar pada 2016.(ha)
Ipotnews - PT Bukit Asam Tbk ([url=]PTBA[/url]) optimistis sampai akhir tahun 2017 ini angka produksi dan penjualan batu bara akan sesuai target. [url=]PTBA[/url]menargetkan sampai akhir tahun jumlah produksi diharapkan mencapai 22 juta ton dan penjualan sebesar 23,1 juta ton. Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama[url=]PTBA[/url], Arviyan Arifin, usai menghadiri penandatanganan nota kesepahaman dengan tiga perusahaan lainnya terkait regasifikasi batubara di Jakarta, Jumat (8/12). Menurutnya sampai saat ini progres produksi dan penjualan sudah mendekati target yang ditetapkan. "Output sampai akhir tahun Insya Allah tercapai, sekitar 23 juta, ton itu penjualan," kata Arviyan. Untuk kinerja tahun 2018 mendatang, saat ini pihaknya tengah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan ( RKAP ). Menurutnya, belum ada keputusan terkait dengan RKAP tersebut. Secara pribadi dia berharap agar kinerja tahun depan lebih moncer lagi dengan adanya peningkatan produksi dan juga penjualan batu bara. "Kita harap sih bisa lebih tinggi dari tahun ini, kita - kira naik 10-15 persen tahun depan, untuk produksi itu sangat tergantung peningkatan kapasitas dari KAI yah (kapasitas angkutan), kita harap malah bisa naik 20 persen lah," sambungnya. (Marjudin)
Ipotnews- Harga minyak turun pada perdagangan Senin, karena kenaikan jumlahrigAmerika, pekan lalu, menunjukkan peningkatan lebih lanjut dalam produksi negara adidaya itu, sehingga dapat merongrong upaya yang dimotori OPEC guna memperketat pasar. Pernyataan dari Menteri Energi Kuwait bahwa OPEC dan produsen lainnya akan mempelajari sebelum Juni tahun depan mengenai kemungkinan keluar dari kesepakatan pemotongan pasokan minyak global juga turut membebani harga, kata paratrader. Patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangkalight sweetatau West Texas Intermediate (WTI) berada di posisi USD57,14 per barel pada pukul 04.18 GMT, turun 22 sen atau 0,4 persen, dari penutupan terakhir, demikian laporanReuters, di Singapura, Senin (11/12). Sementara itu, harga minyak mentah Brent--patokan Eropa dan internasional--merosot 25 sen atau sekitar 0,4 persen menjadi USD63,15 per barel. Sebelumnya, sekitar pukul 02.19 GMT, minyak WTI menyusut 31 sen atau 0,5 persen menjadi USD57,05 per barel, sedangkan Brent berkurang 34 sen atau sekitar 0,5 persen menjadi USD63,06 per barel. "Kekhawatiran terbesar investor saat ini masih kenaikan jumlahrigAmerika, yang berpotensi membahayakan kesepakatan OPEC dan Rusia saat mereka bertemu untuk melakukanreviewpada pertemuan Juni 2018," kata Shane Chanel, analis dari ASR Wealth Advisers. Jumlahriguntuk produksi minyak baru di Amerika Serikat meningkat dua kali dalam pekan yang berakhir hingga 8 Desember, menjadi 751 unit, tingkat tertinggi sejak September, menurut perusahaan jasa energi, Baker Hughes, Jumat. Jumlahrigyang lebih tinggi itu menunjukkan kenaikan lebih lanjut pada produksi minyak mentah Amerika, yang sudah melonjak lebih dari 15 persen sejak pertengahan 2016 menjadi 9,71 juta barel per hari (bph). Itu merupakan level tertinggi sejak awal tahun 1970-an, dan mendekati level dari produsen terbesar dunia, Rusia dan Arab Saudi. MelambungnyaoutputAmerika mengancam upaya yang dimotori Organisasi Negara Eksportir Minyak ( OPEC ) dan sekelompok produsen non- OPEC , seperti Rusia, untuk mendukung harga dengan menahan pasokan. OPEC dan sekutunya mulai menahan pasokan sejak Januari lalu dan saat ini berencana untuk terus melakukannya sepanjang 2018. Namun, Menteri Perminyakan Kuwait, Essam al-Marzouq, kemarin, mengatakan OPEC dan produsen minyak lainnya akan mempelajari lagi sebelum Juni kemungkinan untuk mengakhiri kebijakan pemotongan (exit strategy) pasokan minyak global terlebih dahulu. Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan OPEC dan sekutunya kemungkinan akan menghentikan pemotongan produksi sebelum 2019 jika pasar telah mencapai keseimbangan pada Juni 2018. Bahkan, tutur Almarzooq, Rusia ingin mengakhiri kesepakatan penghentian produksi sedini mungkin. (ef)
Ipotnews - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, kembali mengingatkan bahwa bitcoin bukan alat pembayaran yang bisa diterima oleh sistem transaksi keuangan di Indonesia, bahkan mata uang virtual tersebut memiliki risiko berat jika dijadikan instrumen investasi. Agus menyebutkan, sejauh ini pihaknya tidak menganggap bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. "Saya katakan bahwa bitcoin bukan alat pembayaran yang diterima di Indonesia," kata Agus Marto di Gedung BI Jakarta, Senin (11/12). Dengan demikian, jelas dia, BI masyarakat agar tidak mengambil risiko dari adanya fenomena berinvestasi pada produk bitcoin. "Saya selalu mengatakan kepada masyarakat bahwa ada risiko dari instrumen yang dikatakan orang sebagai bitcoin," imbuhnya. Bahkan, jelas Agus Marto, keputusan untuk berinvestasi pada produk bitcoin memiliki risiko yang berat. "Jadi, saya ingin mengatakan bahwa riisko itu adalah sesuatu yang jangan diambil enteng. Jangan kemudian nantinya disesali," jelas Agus Marto. Bitcoin merupakan uang elektronik yang dirancang pada 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama bitcoin dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal. Departemen Keuangan AS menyebut bitcoin sebagai sebuah mata uang terdesentralisasi. Bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama dan hanya menggunakan database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari jaringan P2P ke jurnal transaksi. Keberadaan bitcoin hanya menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar.(Budi)
Ipotnews- Dow dan SP 500 melesat ke rekor baru pada perdagangan Senin, dipimpin saham teknologi, termasuk Apple, yang melambung menyusul akuisisi terhadap aplikasisong recognition, Shazam. Saham Wall Street berada di teritori positif selama hampir keseluruhan sesi, menyingkirkan kekhawatiran atas ledakan di dekat Times Square yang melukai tiga orang dan menghentikan aktivitas di pusat transportasi utama New York selama beberapa jam. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,23 persen atau 56,87 poin menjadi 24.386,03, meningkat dari rekor Jumat, demikian laporanAFPdanCNBC, di New York, Senin (11/12) atau Selasa (12/12) pagi WIB. Sementara itu, indeks berbasis luas SP 500 menguat 8,49 poin atau sekitar 0,32 persen menjadi 2.659,99, juga merupakan rekor kedua berturut-turut, sedangkan Indeks Komposit Nasdaq bertambah 0,51 persen (35 poin) menjadi 6.875,08. Analis menggambarkan sentimen investor cukup optimistis setelah serangkaian laporan ekonomi yang positif, termasuk laporan ketenagakerjaan untuk periode November yang dirilis Jumat. Dan paratradertetapbullishmengenai kemajuan RUU pemotongan pajak di Washington, yang bisa sampai ke meja Presiden Donald Trump akhir tahun ini. Analis melihat ke depan untuk serangkaian pertemuan kebijakan bank sentral pekan ini, termasuk pertemuan dua hari Federal Reserve yang berakhir Rabu (13/12) waktu setempat atau Kamis (14/12) dini hari WIB, dengan sebuah pernyataan kebijakan dan konferensi pers oleh Kepala The Fed , Janet Yellen. Bank sentral Amerika Serikat itu secara luas diperkirakan menaikkan suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini. Saham Apple melonjak 2,0 persen menyusul kesepakatan dengan Shazam, yang dipandang sebagai tawaran baru untuk mengamankan keunggulan dalam pertempuran intensif pada layananstreaming. Nilai kesepakatannya tidak diungkapkan, namun situs berita teknologi memperkirakan sekitar USD400 juta. Saham teknologi lainnya termasuk Microsoft, naik 1,3 persen, dan Tesla Motors, melambung 4,4 persen. Disney melesat 2,5 persen setelah film animasinya, "Coco", kembali memimpin daftarbox officeakhir pekan. Disney juga diperkirakan bisa mendapatkan dorongan dari rilis "Star Wars: The Last Jedi" pekan depan, yang diprediksi menghasilkan sekitar USD200 juta padaweekendpembukaannya. (ef)
Ipotnews - Tim analis Indo Premier Securities mempertahankan rekomendasi beli (buy) untuk saham PT Adhi Karya Tbk ([url=]ADHI[/url]), seiring proses realisasi pinjaman dari lembaga keuangan di Amerika Serikat senilai Rp3 triliun-Rp4 trliun, yang diperkirakan mencapai financial closing pada Maret 2018, dan dananya untuk mendanai proyek LRT Jabodebek. "Kami memandang pinjaman ini positif bagi[url=]ADHI[/url]sesuai dengan rencana perseroan mendanai konstruksi depot dan stasiun senilai Rp4,2 triliun," demikian catatan tim analis pada Selasa (12/12). Sebelumnya, terjadi pembengkakan biaya proyek LRT yang membuat[url=]ADHI[/url]terbebani, dan hal ini diperberat dengan rencana PT KAI mundur sebagai investor utama LRT Jabodebek dan pemerintah menghendaki pembentukan perusahaan patungan yang memberatkan[url=]ADHI[/url], karena sebagai kontraktor harus menutupi pembengkakan biaya investasi. Namun, pada akhir pekan lalu, lewat Perpres 49/2017, rencana pembentukan usaha patungan dibatalkan. KAI tetap sebagai investor dan operator dengan menggunakan Penanaman Modal Negara (PMN) senilai Rp7,6 triliun dan pinjaman bank Rp18,1 triliun, sementara[url=]ADHI[/url]akan berinvestasi di fasilitas depo menggunakan PMN Rp1,4 triliun, seperti skema awal. Pembayaran awal untuk[url=]ADHI[/url]atas kemajuan proyek (Rp4,5 triliun) diperkirakan akan terjadi pada 15 Januari 2018. Sebagai tambahan, financial closing dari 3 bank BUMN dan 2 bank swasta (dengan bunga 8,25 persen) diperkirakan akan terealiasi pada 21-22 Desember tahun ini.(ha)
Ipotnews- Harga minyak mentah Brent mendekati level tertinggi 2015, Selasa, setelah penutupan jaringan pipa utama North Sea untuk perbaikan, menekan pasokan cukup signifikan dari pasar yang sudah mengencang akibat penurunan produksi OPEC. Harga minyak mentah Brent--patokan Eropa dan internasional--berada di posisi USD64,73 per barel pada pukul 01.05 GMT, naik empat sen dari penutupan terakhir, demikian laporanReuters, di Singapura, Selasa (12/12). Brent mencapai puncaknya di posisi USD64,93 per barel pada sesi sebelumnya, tingkat tertinggi sejak Juni 2015. Sementara itu, patokan Amerika Serikat, minyak mentah berjangkalight sweetatau West Texas Intermediate (WTI), berada di USD57,98 per barel, mendekati tingkat penutupan terakhir. "Minyak melesat tadi malam karena pemberita bahwa jaringan pipa North Sea yang biasanya mengalirkan hingga 400.000 bph akan terhenti untuk beberapa waktu karena perbaikan dilakukan terhadap retakan yang telah terbuka," kata Greg McKenna, kepala strategi pasar di pialang berjangka AxiTrader. Pipa minyak Forties Inggris, terbesar di negara itu berkapasitas 450.000 barel per hari (bph), ditutup Senin setelah retakan mulai terlihat. Jaringan pipa tersebut membawa sejumlah besar minyak mentah fisik yang mendasari Brent berjangka. "Reaksi pasar menunjukkan bahwa di pasar yang ketat, setiap permasalahan pasokan akan tercermin dengan harga yang lebih tinggi," kata ANZ Bank. Lonjakan harga Brent melebar terhadap WTI menjadi USD6,74 per barel, naik dari sekitar USD5 pekan lalu, membuat ekspor minyak Amerika menjadi lebih menarik. WTI yang lebih murah juga merupakan hasil dari meningkatnya produksi minyak Amerika, yang melonjak lebih dari 15 persen sejak pertengahan 2016 menjadi 9,71 juta bph, tingkat yang tidak terlihat sejak awal 1970-an. Produksi Amerika kini juga tak jauh dari produsen terbesar dunia, Rusia dan Arab Saudi. MeningkatnyaoutputAmerika mengancam upaya yang dipimpin Organisasi Negara Eksportir Minyak ( OPEC ) dan sekelompok produsen non- OPEC, yang terpenting adalah Rusia, untuk mendukung harga dengan menahan persediaan. OPEC dan sekutunya mulai menahan pasokan Januari lalu dan saat ini berencana untuk terus melakukannya sepanjang 2018. (ef)
Ipotnews- Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, menegaskan akan terus mengawal proses gugatan terkait putusan final bea masuk imbalan (countervailing duty) atas produk biodiesel Indonesia oleh United States Department of Commerce (USDOC). Pihaknya menyatakan sudah menyampaikan nota keberatan tersebut kepada World Trade Organization (WTO). "Itu sudah kami sampaikan (ke WTO), kita pastikan akan terus mengawal prosesnya sampai putusan final," kata Enggar di Jakarta, Selasa (12/12). Dalam kunjungan kerjanya yang dilaksanakan pada 7 hingga 17 Desember ke Argentina dan Chili dalam agenda WTO, Enggar menyatakan akan menanyakan perkembangan gugatan atas kasus tersebut. Dia berharap dalam forum resmi internasional tersebut keluhan yang disampaikan pemerintah Indonesia dapat difasilitasi oleh WTO. "Ya tentu masalah itu merugikan kita semua, makanya kita akan pantau terus agar apa yang kita sampaikan direspon dengan baik oleh Amerika," ujarnya. Sebelumnya, pemerintah menilai keputusan USDOC terkait bea masuk imbalan (countervailing duty) atas produk biodiesel Indonesia tarifnya terlalu tinggi. Hal itu dinilai akan mengganggu stabilitas dan daya saing produk biodiesel Indonesia. Pemerintah mendesak agar pemerintah AS menurunkannya. Pada November 2017 lalu, USDOC mengumumkan putusan final bea masuk imbalan produk biodiesel impor dari Indonesia dan Argentina yang dinilai oleh kedua negara over protektif. USDOC menetapkan bea masuk imbalan antara 34,45 persen - 64,73 persen untuk Indonesia. Sementara itu, Argentina dikenakan bea masuk antara 71,45 persen - 72,28 persen. Sangat jelas sekali bahwa putusan itu akan merugikan negara pengimpor produk biodiesel ke AS. "Pemerintah Indonesia meminta Pemerintah AS untuk mempertimbangkan kembali putusan ini dan menghargai hubungan baik kedua negara dalam semangat perdagangan bebas dan adil. Indonesia tidak segan-segan mengajukan gugatan melalui mahkamah AS maupun melalui jalur Dispute Settlement Body WTO, ujar Mendag. (Marjudin)
Ipotnews- Emas sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Asia, Selasa, setelah turun setengah persen di sesi sebelumnya, menjelang dimulainya pertemuan dua hari Federal Reserve di Amerika Serikat. Harga emas di pasar spot naik sekitar 0,1 persen menjadi USD1.242,72 per ounce pada pukul 00.49 GMT, setelah melorot sekitar 0,5 persen pada perdagangan Senin, demikian laporanReuters, Selasa (12/12). Sementara itu, harga emas berjangka Amerika melanjutkan penurunan sekitar 0,2 persen menjadi USD1.244,40. Indeks Dolar AS, yang mengukurgreenbackterhadap sekeranjang enam mata uang utama, sedikit berubah pada posisi 93,925. Dolar AS tidak berubah pada level 113,56 yen. Saham Asia mencoba merangkai kenaikan untuk sesi keempat, Selasa, karena optimisme tentang pertumbuhan global tampaknya akan bertahan lebih lama dari kenaikan suku bunga Amerika, pekan ini. Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menyampaikan pidato mengenai rencana untuk merombak kode pajak negara tersebut, Rabu, menurut Gedung Putih. Di sisi lain, Uni Eropa dinilai perlu mempertimbangkan untuk mengatur bitcoin, tutur anggota Dewan Gubernur Bank Sentral Eropa, Ewald Nowotny, karena risiko pencucian uang.(ef)

Comments