10 KOTA TERPOLUSI DI DUNIA

Hanya mau sharing info… tentang 10 Kota terkotor-terpolusi di dunia…..\r\nMaaf kalo kepanjangan….\r\n\r\n1.Chernobil, Ukraine ; kota ini terkenal dengan daftar panjang polutannya seperti, uranium, plutonium, radioaktif iodine, cesium-137 dll. Bahan radiokatif yang bocor atau lepas sewaktu terjadi ledakan Chernobil yang terkenal adalah 100 kali dari jumlah di Hiroshima dan Nagasaki. Sebanyak 135 ribu penduduknya dievakuasi dan terdapat daerah pusat kontaminasi sejauh 19 mil.\r\n2.Dzerzinsk, Rusia; kota yang memiliki penduduk sebesar 300 ribu jiwa ini terancam oleh kontaminasi bahan sisa sisa ‘perang dingin’. Diestimasi pencemaran ini berasal dari limbah kimia dari senjata kimia serta kesalahan dalam penyimpanan serta pengolahan pembuangan limbah kimia tersebut. Diperkirakan setiap penduduk kota tersebut terancam terekspos hampir 1 ton limbah kimia. Limbah kimia juga mencemari air tanah dan mengakibatkan angka kematian 2.6 kali angka kelahiran. \r\n3.Haina, Dominica Republic ; kota yang berpenduduk 85 ribu jiwa ini terkenal sebagai pusat kontaminasi logam timbal, khususnya di daerah Bajos de Haina. Pencemaran yang terjadi hingga ke air tanah, dan terakumulasi ke manusia ini diakibatkan oleh pabrik batu baterai yang kini sudah ditutup.\r\n4.Kabwe, Zambia; kota ini adalah kota terbesar kedua di Zambia dangan populasi 250 ribu jiwa. Pencemaran ini diakibatkan oleh penambangan timbal, dan mengakibatkan anak anak di Kabwe memiliki kadar timbal dalam darah mereka 5 sampai 10 kali lipat dari ambang batas EPA.\r\n5.La Oroya, Peru; kota yang berpopulasi 35 ribu jiwa ini telah tercemar oleh limbah buangan pabrik ‘poly-metallic smelting’. Pabrik ini adalah pengolahan bijih bijih logam menjadi logam jadi. Hampir 100% anak2 telah terekspos. Kota ini juga tercemar oleh gas buangan sulfur dioksida yang telah mematikan vegetasi sekitarnya.\r\n6.Linfen, Cina ; kota tercemar di Cina bukan hanya Linfen, namun kota ini termasuk yang paling tercemar berat. Kadar polutan abu, sulfur dioksida, karbon monoksida, arsen, timbal dan nitrogen oxida telah mencapai kadar yang mengkhawatirkan. Penambangan serta pengolahan batubara menjadi biang keladi pencemaran yang telah masuk hingga ke air, tanah dan udara kota tersebut.\r\n7.Mailuu-Suu, Kyrgyzstan ; kota ini adalah pusat pengolahan uranium, walaupun hulu ledak nuklirnya terletak di daerah lain. Di kota ini terdapat 1,96 juta meter kubik limbah pertambangan yang bersifat radioaktif. Belakangan ini Bank Dunia telah memulai proyek penanggulangan, mengingat daerah ini termasuk daerah rawan gempa.\r\n8.Norlisk, Rusia; daerah bekas pusat industri memiliki kadar polutan Stronsium-90, Cesium-137 serta hydrogen sulfide yang tinggi. Hinggal sekarang pun daerah ini masih memegang predikat kompleks pengolahan bijih logam berat terbesar di dunia.\r\n9.Ranipet, India; kota tetangga dari Chennai ini memiliki populasi hingga 3 juta jiwa. Limbah beracun yang berasal dari pengolahan kulit (tanning) dapat mencapai 1,5 juta ton dalam setahun.\r\n10.Rudnaya Pristan, Rusia; kota yang berpopulasi 90 ribu jiwa ini hampir dikelilingi oleh pabrik pengolahan timbal. Sekarang ini pusat pusat tersebut telah ditutup, dan proyek penangulangannya telah dijalankan untuk mengembalikan kehidupan di kota tersebut.\r\n\r\n\r\nDisadur dari Forbes Mag.\r\nJAKARTA SELAMAT………!!!
Multi Quote Quote
hebat ya , jakarta kok ndak masuk Apa yang survei ndak berani ke jakarta takut kena bom ya
Multi Quote Quote
kalo dari udara-nya katanya beijing juga super ancur….jadi olimpiade di cina merupakan keputusan yang sangat disesali banyak pemerhati lingkungan & olahragawan…. sudah pernah dicobakan atlet pelari marathon….kemampuan-napasnya jadi tersengal-sengal….padahal kalo di tempat2 lain…dalam watu yang sama dan jarak yang sama…pelari itu masih napas normal
Multi Quote Quote
mungkin yang ngecek belum lihat kali mati dan kali sunter smile
Multi Quote Quote
mungkin yang ngecek belum lihat kali mati dan kali sunter smile Klo dah liat bisa no 1 ya bung? hehehe IDX Indonesia nomor urut 0
Multi Quote Quote
kali sunter sama kali angke jorokan mana? smile surprise juga nih .. jakarta ngak di top 10 … tapi mesti kuakui bahwa china ngak kalah kotor dibanding indonesia. saya dulu sering ke kawasan industri di guangdong (chao yang, pu ning, dong guan, shenzhen yang di luar custom) … udaranya bikin sesak nafas …
Multi Quote Quote
engga di top ten, tp di nomor 11. hehehhee
Multi Quote Quote
mantap sih cimahi, kawasan industri, banyak yg pakai batubara, debunya mantap bro, tiap hari dilap juga ngga bersih2.
Multi Quote Quote
Sign up or Sign in to create a reply.

Recent Updates


Loading...