Dahlan Iskan : Kerja, Kerja, Kerja...........

Jumat, 16/10/2009 16:15 WIB\r\nKrisis Listrik di Riau Akibat Bobroknya Sistem Interkoneksi Sumatera\r\nChaidir Anwar Tanjung - detikNews\r\n\r\nPekanbaru - Krisis listrik di Riau dengan pemadaman 12 jam sehari akibat bobroknya sitem jaringan listrik interkoneksitas di Sumatera. Distribusi pembagian beban tidak berlaku adil dan tidak berjalan kosisten.\r\n\r\nDemikian disampaikankan Direktur Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Wilayah Riau, Marbaga Tampubolon. Menurutnya, wilayah Pekanbaru masuk dalam jaringan interkoneksitas listrik Sumatera. Namun dalam keseharian, wilayah Pekanbaru harus terjadi pemadaman selama 12 jam sehari.\r\n\r\n"Kalau pengaturan beban interkoneksi Sumatera berjalan dengan baik dan pimpinan wilayah PLN di Sumatera tidak bersifat egois maka sesungguhnya Riau tidak terjadi devisit separah ini. Mestinya masing-masing General Maneger PLN bisa mendudukan persoalan yang tengah keluhkan masyarakat Riau. Tapikan selama ini kita GM PLN di Sumatera justru melihat persoalan krisis listrik secara parsial bukan secara kolektif berdasarkan interkoneksi Sumatera," kata Marbaga.\r\n\r\nDia menjelaskan, jika memang jaringan interkoneksitas terjadi kekurangan daya, semestinya hal ini menjadi beban bersama di seluruh wilayah Sumatera. Namun selama ini kekurangan devisit listrik itu justru ditumpukan pada satu wilayah saja yakni Riau. Hal ini yang menyebabkan sepanjang tahun masyarakat ketimban sial menerima pemadaman minimal 12 jam dalam sehari.\r\n\r\n"Riau kan masuk jaringan interkoneksitas Sumatera. Mestinya jangan hanya Riau yang dijadikan tumbalnya. Kalau masing-masing wilayah mau berbagi soal devisit ini, maka mestinya wilayah lain juga merasakan pemadaman bergilir yang sama dan tidak mesti seperti sekarang ini, hanya Riau yang merasakan," kata Marbaga.\r\n\r\nMenurut Marbaga tidak masuknya Riau dalam program PLN Pusat 10.000 MW, itu menunjukan cara pandang yang parsial. Semestinya usulan yang dilakukan adalah system interkoneksitas Sumatera dengan cara masing-masing GM PLN Sumatera mengusulkan bersama.\r\n\r\n"Jadi jaringan listrik itu tidak hanya mengatasnamakan Riau saja, sebab jaringan listrik yang ada saat ini justru dengan system interkoneksitas. Jadi kebutuhan itu tidak hanya untuk Riau semata namun kesuluruh jaringan interkoneksitas di Sumatera. Ini yang kita lihat tidak dilakukan bersama oleh GM PLN di Sumatera,” kata Marbaga.\r\n\r\nSepanjang tidak adanya pemahaman yang sama atas krisis listrik ini, maka sampai kapanpun Riau akan tetap menjadi bulan-bulanan pemadaman bergilir. "Kita tidak melihat adanya niat baik para GM PLN di Sumatera untuk meminimalisir pemadaman di Riau. Hanya Riau satu-satunya di Sumatera yang terjadi pemadaman setengah hari dalam sehari," kata Marbaga.\r\n\r\n(cha/djo)
Multi Quote Quote
keknya dulu saya pernah quote deh di thread lain, datanya bisa di google indonesia mendekati 7 sen per kwh (naik), sementara malaysia mendekati 6 sen per kwh (turun) smile indonesia mungkin sama kek filipina tapi filipina ga ada sda…….. menurut pengamat pln memang dipot utk birokrasi (korupsi), dari sistem kelola aja jauh lebih efisien kalau desentralisasi, belum lagi perencanaan antar daerah ga efisien, jaringan. lebih jelasnya bisa google, shg tau kenapa investor enggan berinvestasi di bidang listrik. dirut yg dulu dilindungi abis sama ri 2, baru belakangan bisa dibawa ke pengadilan, kesian juga pejabat banyak yg kepaksa ikut terseret smile KALAU KITA IKUT CURI LISTRIK GAK SALAH YAH? ASAL PAKAINYA DIKIT TOH PLN JUGA DIKORUP TERUS Memang listrik udah mahal mati dan gangguan terus. PLN kan bisa minta KPK dan BPK audit semua pengeluaran PLN dari proyek kontraktor pLN dan pengeluaran lain kalau kedapatan dihukum dan dipecat serahkan ke pengadilan Terus itu Mall, Hotel, dan rumah mewah serta yang banyak pakai AC dikenakan tarif mahal. Sudah barang basi, semua pada curi listrik apalagi yang punya AC banyak dan buka terus…
Multi Quote Quote
Trafo PLN Meledak, Pekanbaru Gelap Gulita Selasa, 20 Oktober 2009 - 22:56 wib PEKANBARU - Salah satu saklar di pembangkit listrik PLTG Teluk Lembu, Pekanbaru, Riau, pada Selasa (20/10/2009) malam, meledak. PLN pun terpaksa memadamkan aliran listik ke puluhan ribu pelanggan. General Manager PLN Wilayah Riau, Kepri, Robet Aritonang dalam jumpa pers mengatakan saklar yang meledak mengakibatkan terganggunya Incoming Cubicle Trafo. "Akibat gangguan itu kita terpaksa mematikan 14 penyulang di Pekanbaru. Pemadaman di 62 ribu pelanggan ini akan berlangsung sampai dua hari," kata Aritonang. Saat ini,kata Aritonang, langkah yang telah dilakukan terhadap terganggunya trafo daya itu adalah dengan proteksi kapling. Dengan terganggu pada trafo itu lanjutnya, trafo daya dua juga terpaksa dimatikan. "Selain itu juga kita melakukan isolasi instalasi, ini untuk memungsikan trafo daya dua bisa berfungsi lagi," ujarnya. Masih menurutnya, untuk memulihkan pemadaman listrik terhadap 335.920 pelanggan yang ada di Pekanbaru dan sekitarnya, PLN juga melakukan pengalihan supplay dari Gardu Induk Garuda Sakti. "Untuk itu kami memohan maaf kepada semua pelanggan atas pemadaman yang kita lakukan. Hal ini karena memang sedang ada gangguan," ujarnya. (ful) daripada sibuk soal century (mulyani & boediono) mending dpr beresin pln, dah puluhan tahun parasit merugi dan disubsidi tapi kinerja kacau. kena suap ya sampe diam terus atau dpr nya ikut bikin rugi pln? smile)
Multi Quote Quote
yg aku dengar pejabat PLN pada kaya kaya , jadi kalo PLN rugi sih bisa dimengerti kenapa betul gue pejabat pln..makanya kenal bd trub smile
Multi Quote Quote
PLN = Pusing degh Langganan Nyetrum smile Bozoo.. lanjutkan di sini deh…
Multi Quote Quote
di thread lain ada yg submit mega proyek itu dipecah, hehehe………. sesuai dg asumsi yg jaman duluuuuuuuuuuuuu sekali, solusinya sederhana aja, cuma ada yg halang-halangi, hehehe………. sape tuh yg bangga mega proyek 10 ribu MW :rofl: :rofl: :rofl: :rofl: :rofl:
Multi Quote Quote
aneh bin ajaib, berita pln ttg perbaikan listrik dan upaya pln membeli listrik dr pembangkit kecil utk mengatasi listrik krn mega proyek 10 ribu MW hilang. coba pln beli listrik dr pembangkit listrik swasta yg kecil-kecil itu masalah bisa diatasi, tapi sukur dah skr bisa sadar, sby tanpa ucup, indonesia terhindar dari musibah, cuma itu yg bisa gw katakan dg sejujurnya, kagak kampanye (krn dah lewat), kagak menghibur diri (krn ucup sudah enyah mudah-mudahan enyah seterusnya) smile
Multi Quote Quote
Gas PLTGU Muara Tawar Berkurang, Biaya Produksi PLN Membengkak Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Tawar mengalami penurunan pasokan gas sebesar 50 mmscfd sejak sebulan terakhir. Selama ini PLN, mendapatkan pasokan gas dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Hal ini disampaikan Direktur Operasi Jawa Bali, PT PLN (Persero) Murtaqi Syamsuddin saat dihubungi detikFinance, Kamis (26/11/2009). "Selama sebulan terakhir ini memang terjadi penurunan jumlah pasokan gas ke PLTGU Muara Tawar dari rata-rata 230 mmscfd menjadi 180 mmscfd," ujar Murtaqi. Penurunan pasokan gas dari PGN tersebut, lanjut Murtaqi, telah menyebabkan biaya produksi listrik di PLTGU Muara Tawar menjadi meningkat karena BUMN listrik itu harus mengganti bahan bakarnya dari gas ke BBM yang harganya relatif lebih mahal. "Karena itu untuk mengatasi penurunan pasokan gas itu, PLN terpaksa menggunakan BBM yang berdampak pada kenaikan biaya produksi," paparnya. Saat ditanya apa penyebab pengurangan pasokan gas tersebut, Murtaqi enggan berkomentar. "Mengenai penyebab penurunan pasokan, silakan tanya ke PGN," ungkap Murtaqi.
Multi Quote Quote
Jakarta Padam, PLN Beli Listrik Jababeka Pembelian listrik ini untuk mengurangi dampak pemadaman akibat rusaknya trafo Cawang. Senin, 9 November 2009, 09:52 WIB Hadi Suprapto VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara menyatakan akan membeli listrik sebesar 37 Megawatt dari PT Bekasi Power Jababeka. Pembelian listrik ini untuk mengurangi dampak pemadaman akibat rusaknya trafo Cawang. "Daya akan mengalir ke PLN sekitar 14 hari lagi," kata Direktur Operasi Jawa-Bali PLN, Murtaqi Syamsuddin, dalam keterangannya di Jakarta, Senin 9 November 2009. Menurut dia, kontrak pembelian listrik berlaku selama dua bulan, dan bisa diperpanjang. Selain itu PLN juga telah membeli excess power dari PT Argopantes sebesar 2 MW. Saat ini daya Argopantes sudah mengalir ke sistem kelistrikan Jakarta. Dia mengatakan, kekurangan pasokan listrik Jakarta dipicu oleh kebarakan trafo di Gardu Induk Cawang beberapa waktu lalu. Saat ini PLN sedang berupaya penuh mengaktifkan kembali trafo pengganti di Cawang. Trafo pengganti dan semua peralatannya sudah didatangkan ke Gardu Induk Cawang dan sedang dalam proses perakitan. Targetnya, pertengahan Desember trafo pengganti akan mulai beroperasi. Dalam jangka menengah, PLN akan penguatan struktur jaringan secara menyeluruh di Jakarta. Salah satunya dengan menambah trafo masing-masing sebesar 500 MVA pada semua Gardu Induk Utama yang memasok listrik Jakarta, yaitu di Cawang, Bekasi, Gandul, dan Kembangan. "Ini sangat mendesak," katanya. Program penambahan trafo sudah mendapat persetujuan pemerintah. Pengerjaannya diperkirakan memakan waktu 24 bulan. :yawn: capeee dengerin/ baca celotehan orang niat korupsi, dari segi distribusi aja udah ketauan lebih murah desentralisasi daripda mega proyek, biang korupsi tuh yg masih ngotot bilang benar mega proyek?
Multi Quote Quote
Awal yang baik : SP PLN TERIMA PENGANGKATAN DAHLAN ISKAN INILAH.COM, Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) pada pukul 17.00 WIB akan menerima perwakilan SP PLN untuk mengetahui aspirasi mereka. "Dirut PLN baru Dahlan Iskan sudah bersedia menerima kami, dan sebentar sore pukul 17.00 WIB kami akan bertemu dengan Dirut PLN di kantornya," kata Ketua Umum SP PLN Riyo Supriyanto kepada INILAH.COM, Jakarta, Senin (28/12). Pengakuan yang sama dikatakan ketua DPP SP PLN Ahmad Daryoko. Daryoko mengaku saat ini SP PLN sedang membahas pokok-pokok persoalan apa yang nanti disampaikan kepada Dirut yang baru. "Kami masih berembug di internal SP PLN, sore (nanti) akan bertemu dengan Dahlan," jelasnya. Sebelumnya, SP PLN sudah menduduki Auditorium gedung pusat PLN. Dan setelah bernegosiasi dengan jajaran direksi PLN lainnya, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk menghentikan aksi demo untuk sementara serta membicarakan semua persoalan dengan kepala dingin.
Multi Quote Quote
Sign up or Sign in to create a reply.

Recent Updates


Loading...