Pasar ETF Sangat Menjanjikan, Indo Premier Siapkan Dua Produk Baru

Pasar ETF Sangat Menjanjikan, Indo Premier Siapkan Dua Produk Baru

Posted by Written on 20 February 2020


Ipotnews - PT Indopremier Sekuritas meyakini pasar ETF ( exchange traded fund ) ke depannya masih sangat menjanjikan. Akan semakin banyak  dealer participant  yang akan menerbitkan produk-produk ETF.

Alexander Salim, Director, Head of ETF Trading Desk PT Indo Premier Sekuritas mengatakan, total dana kelolaan dari 40 ETF yang listing di Bursa Efek Indonesia per Januari 2020 telah setara Rp14,2 triliun, atau setara dengan USD1 miliar. Diperkirakan total dana kelolaan yang tercatat oleh bursa akan semakin tumbuh, seiring rencana penerbitan produk-produk baru ETF dari manager investasi (MI).

Oleh karena itu, market dan potensi pertumbuhan ETF, "Harusnya bagus karena ETF transparan. Investor bisa tahu persis isi dari tipe usahanya, jumlahnya, bibitnya dan cash komponennya berapa. Semua bisa tahu," kata Alex usai menghadiri Responsible Investment Forum 2020 yang diadakan oleh Indopremier di Hotel Pullman, Jakarta, Kamis (20/2).

Dengan adanya transparasi tersebut, maka investor bisa menjaga performa portofolionya setiap saat. "Jadi ETF ini memungkinkan investor untuk memiliki kendali penuh pada tiap kondisi pasar," kata Alex.

Sementara itu, terkait rencana Indopremier menerbitkan produk ETF baru, Alex mengatakan bahwa produk tersebut akan dirilis tahun ini setelah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Setidaknya dalam pipeline perusahaan akan ada dua produk ETF yang akan segera meluncur, sehingga bisa menjadi opsi tambahan bagi investor untuk berinvestasi melalui produk ETF.

"Sudah masuk [permohonan izinnya] ke OJK, tinggal tunggu efektifnya. Ada dua yang masuk ke OJK yang dalam proses. Potensi (bertambah) pasti ada, karena ini masih awal tahun, tapi tergantung pasarnya juga dan kita yakin," ungkap Alex.

Sejauh ini, PT Indo Premier Investment Management ( IPIM ), anak perusahaan PT Indo Premier Sekuritas perintis ETF pertama di Indonesia, telah meluncurkan 11 Reksa Dana ETF yang dikenal sebagai Premier ETF. Kesebelas ETF yang dikelola oleh IPIM itu telah membentuk  core and satelite investment ecosystem.

Hingga Desember 2019 lalu, nilai total dana kelolaan dari 11 produk Premier ETF sudah mencapai tidak kurang dari RpRp7,2 triliun dengan market share hingga 68 persen dari total dana pengelolaan ETF berbasis saham yang  listing  di Bursa Efek Indonesia. Saat ini IPIM mengelola sebanyak 22 produk reksa sana, termasuk ETF yang terdiri dari Reksa Dana ETF, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pasar Uang, serta Reksa Dana Terproteksi. 

(Marjudin)

Sumber : Admin

#YukNabungETF 

#IPOTKaryaAnakBangsa 

#BanggaPakeIPOT 

#IPOTPionner


comments

logo-ipotnews

Franky Kurniawan

author