IndoPremier Prediksi Dana Kelolaan ETF Naik 30 Persen

IndoPremier Prediksi Dana Kelolaan ETF Naik 30 Persen

Posted by Written on 20 November 2019


Ipotnews - Dirut PT Indo Premier Sekuritas Moelonoto The, mengatakan dalam waktu dekat akan ada tiga tambahan manager investasi (MI) yang merilis produk Exchange Trade Find (ETF) yang siap bekerja sama dengan IndoPremier. Namun kepastian ini baru akan terlihat di triwulan I 2020.

Moelonoto The menyatakan jika ketiga MI nanti memutuskan bermitra dengan Indopremier, maka akan ada peningkatan dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) sekitar 20-30 persen. Seperti diketahui bahwa total AUM ETF yang dikelola melalui platform IndoPremier Sekuritas saat ini mencapai Rp15,2 triliun.

"Kalau akhir tahun tinggal sebulan yah saya kira nggak jauh berbeda tapi kita tahu ada tiga MI sedang mempersiapkan produk barunya, nah kan mereka perlu waktu jadi mungkin baru akan terlihat di triwulan I tahun depan. Harapan kita dana AUM total mungkin bisa nambah 20-30 persen yah hingga triwulan I 2019," kata Moelonoto The di dalam acara Indonesia ETF Conference 2019 di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (20/11).

Apabila ada tambahan tiga MI yang bekerja sama dengan IndoPremier, maka akan ada 9 MI yang menjadi mitra IndoPremier. Diyakini pasar ETF ke depan masih sangat potensial sehingga IndoPremier sebagai dealer participant komitmen untuk terus meningkatkan layanannya. Dengan begitu total dana AUM akan terus bertumbuh pesat seiring semakin meningkatnya pemahaman masyarakat atau institusi terkait ETF.

"Mestinya dari 3 MI ini kontribusi mereka akan bisa nambah AUM hingga 30 persen sampai tahun depan, belum lagi MI yang sudah ada dan produk yang sudah ada pasti akan ada peningkatan," pungkas Moelonoto.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sujanto, menambahkan bahwa pasar ETF ke depan masih akan terus bertumbuh dengan baik. Hal itu sejalan dengan upaya OJK dan pelaku pasar yang terus aktif melakukan sosialisasi terkait produk-produk ETF.

Diakui bahwa masih banyak publik yang belum mengenal apa itu ETF. Oleh sebab itu peran MI dan dealer participant seperti IndoPremier untuk terus melakukan kampanye dan sosialisasi sangat dibutuhkan.

"Dulu pelakunya hanya berapa, Indopremier sebagai partner di awal awal. Nah sekarang sudah berkembang lumayan. Saya kira masih optimis ya ke depan akan terus berkembang dari angka AUM tadi itu kan sudah nyata. Ke depan kita harapkan semakin naik," tutur Sujanto.


(Marjudin)

Sumber : admin

 #YukNabungETF 

#IPOTKaryaAnakBangsa 

#BanggaPakeIPOT 

#IPOTPionner


comments

logo-ipotnews

Franky Kurniawan

author