Perkuat Bisnis Digital, ASII Kembangkan Lini Bisnis Fintech

Perkuat Bisnis Digital, ASII Kembangkan Lini Bisnis Fintech

Posted by Written on 30 August 2018


Keseriusan PT Astra Internasional Tbk (ASII) merambah bisnis digital, tidak hanya sampai menanamkan modalnya di Go-Jek sebesar Rp 2 triliun. Namun terus berlanjut dengan rencana perseroan mengembangkan lini bisnisnya ke financial technology atau fintech. Meski belum bisa menyebutkan detail program dan waktu implementasi, rencana ini diyakini akan berjalan mulus karena didukung dengan kinerja fundamental sektor jasa keuangan.

Presiden Direktur Astra International, Prijono Sugiarto menjelaskan, realisasi pelebaran sayap ke fintech akan dilakukan dalam waktu dekat. "Modal kami masuk fintech sudah ada. Tiap tahun, ammount finance yang diberikan pelanggan dari motor dan mobil sudah hampir Rp 80 triliun. Modal dengan aset keseluruhan jasa keuangan hampir Rp 300 triliun," ujarnya di Jakarta.

Faktor pendorong lainnya adalah basis konsumen motor dan mobil Astra International yang besar, sehingga bsia menjadi modal utama untuk mengembangkan fintech. Prijono menambahkan, rencana pengembangan ini tak pelak merupakan imbas dari perkembangan teknologi di Indonesia. Perusahaan fintech pun semakin banyak, mendorong Astra untuk turut andil dalam tren tersebut.

Sementara itu, Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko menjelaskan, pihaknya tinggal menunggu waktu untuk masuk ke industri fintech. Pekan lalu, telah diumumkan bahwa Astra sudah memiliki peer to peer lending. "Tinggal tunggu waktunya saja kita masuk ke fintech," ujarnya.

Paulus menambahkan, rencana pengembangan lini bisnis ke fintech akan dilakukan secara bertahap. Dia menegaskan, tidak akan membuat pilar bisnis baru dalam bidang fintech. Pasalnya, hampir seluruh lini bisnis Astra International telah memiliki strategi digital masing-masing. Bisnis fintech ini akan menjadi pelengkap dari sektor jasa keuangan yang dimiliki Astra International. Sebelumnya, perseoran ini sudah meliputi lima multifinance, dua asuransi, satu bank dan satu dana pensiun. Dari total 10 sektor jasa keuangan tersebut, aset Astra Group tercatat mencapai Rp 300 triliun.


comments

  • Morgan Avatar

    I am impressed. I don't think Ive met anyone who knows as much about this subject as you do. You are truly well informed and very intelligent. You wrote something that people could understand and made the subject intriguing for everyone. Really, great blog you have got here.right here

  • Morgan Avatar

    I have bookmarked your blog, the articles are way better than other similar blogs.. thanks for a great blog! victron solar regulator mppt

  • Morgan Avatar

    Some truly wonderful work on behalf of the owner of this internet site , perfectly great articles . news paper

logo-senokuncoro

Seno Kuncoro

author