Asian Games 2018 di Jakarta Untungkan 3 Sektor Saham

Asian Games 2018 di Jakarta Untungkan 3 Sektor Saham

Posted by Written on 24 January 2018


Ipotnews - Analis pasar modal Lucky Bayu Purnomo menyebutkan, setidaknya ada tiga sektor saham yang diuntungkan dengan adanya gelaran event olahraga tingkat Asia yaitu Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bulan Agustus mendatang.

Lucky mengatakan, sektor infrastruktur, consumer goods hingga sektor transportasi akan mendapat keuntungan pada saat penyelenggaraan event olahraga terbesar Asia tersebut. Khusus untuk saham infrastruktur, kata dia, emiten-emiten yang terlibat dalam pembangunan hingga renovasi venue olahraga disebutnya akan diapresiasi positif oleh pasar. Pasalnya, mereka saat ini sedang berlomba-lomba untuk menyelesaikan berbagai proyek tersebut.

Sementara kinerja consumer goods, diprediksi akan menguat lantaran selama gelaran acara berlangsung, sirkulasi barang-barang consumer goods akan mengalir deras seiring tingginya permintaan pasar. Belum lagi momen pesta demokrasi Pilkada serentak yang juga akan digelar berdekatan. Hal ini dipercaya bakal melambungkan neraca keuangan emiten consumer goods tersebut.

"Saham-saham tersebut ada di beberapa sektor yaitu satu sektor infrastruktur karena mau tidak mau Asian Games-lah yang menjadikan salah satu motivasi untuk menyelesaikan infrastruktur, seperti di Palembang ada Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, Wika Beton dan perusahaan lainnya berlomba -lomba merampungkan pekerjaannya karena berhubungan dengan ajang kompetisi ini," ujar Lucky kepada ipotnews, Rabu (24/1).

Dia menambahkan, hal yang sama juga dipercaya akan terjadi pada emiten sektor transportasi seperti LRNA

BIRD maupun TAXI hingga GIAA. Pada momen tersebut, bisnis rental kendaraan, baik kendaraan minibus hingga taksi akan meningkat signifikan. Hal itu didorong oleh tingginya wisatawan yang masuk ke tanah air, baik itu kalangan atlet olahraga hingga para suporter. Disamping itu, tingginya permintaan transportasi juga dipicu oleh penyewaan bus pariwisata yang dilakukan oleh panitia untuk mengangkut kontingen olahraga.

Pada perdagangan 2 Januari 2018 lalu hingga hari ini, saham berbasis infrastruktur seperti saham WIKA, tercatat menguat hingga 29,4 persen, saham ADHI menguat 17 persen, saham WSKT menguat 22 persen. 

Sementara saham berbasis consumer goods seperti INDF menguat 7,7 persen, termasuk saham berbasis transportasi seperti GIAA yang menguat 6 persen.

(Sigit)


comments

logo-ipotnews

Franky Kurniawan

author