BPTJ Umumkan Kenaikan Tarif 9 Ruas Tol

BPTJ Umumkan Kenaikan Tarif 9 Ruas Tol

Posted by Written on 06 December 2017


Ipotnews - Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ) memastikan tarif 9 ruas jalan tol di Indonesia akan naik. Penyesuaian tarif tersebut secara serentak akan berlaku mulai hari Jumat, tanggal 8 Desember 2017 pukul 00:00 waktu setempat.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, kenaikan tarif 9 ruas tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri PUPR . "Iya, kesembilan ruas tol itu telah memenuhi SPM (standar pelayanan minimum)," ujar Herry saat dihubungi, Rabu (6/12).

Kesembilan ruas tol tersebut adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Tol Cawang-Tomang-Grogol-Pluit, Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Pluit, Tol Serpong-Pondok Aren, Tol Palimanan-Plumbon-Kanci, Tol Surabaya-Gempol, Tol Semarang ABC dan Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan Seksi 2.

Sebanyak 5 ruas dari total 9 ruas tol yang tarifnya naik dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya. Jasa Marga sendiri telah mengkonfirmasi terkait telah terbitnya surat keputusan Menteri PUPR soal penyesuaian tarif tersebut dengan kenaikan tarif rata-rata Rp500-Rp1500 pada ruas tol yang dikelolanya.

"Kami telah melakukan upaya-upaya pemenuhan SPM yang telah dilakukan di antaranya adalah implementasi 100 persen pembayaran tol non-tunai di seluruh ruas jalan tol dengan menggunakan Uang Elektronik yang diterbitkan oleh Multi Bank," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru saat dikonfirmasi.

Selain itu menurutnya, Jasa Marga juga melakukan integrasi sistem transaksi tol pada beberapa ruas jalan tol, meng- upgrade sistem peralatan tol untuk men-support pelayanan, penambahan lajur pada beberapa jalan tol yang telah mencapai kapasitas maksimum, penambahan gardu tol di ruas jalan tol, serta penambahan atau memperbaki sarana dan prasarana untuk layanan informasi dan kecepatan response time seperti Close Circuit Television ( CCTV ), Variable Message Sign (VMS), dan Remote Traffic Microwave System ( RTMS ).


comments

logo-ipotnews

Franky Kurniawan

author