Butuh Modal Rp 10 T, WSKT Divestasi Tol

Butuh Modal Rp 10 T, WSKT Divestasi Tol

Posted by Written on 05 December 2017


PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) akan melakukan penjualan beberapa jumlah ruas jalan tol kepada investor di tahun depan. Penjualan ruas tol tersebut dilakukan untuk menambah ekuitas perseroan,”Sampai akhir tahun depan, kami harus nambah ekuitas sampai Rp10 triliun. Rencananya divestasi jalan tol, kemudian dijual konsesinya diberikan ke investor untuk menambah ekuitas guna menggerakkan tol yang baru," kata Direktur Utama Waskita Karya, M Choliq di Tangerang, kemarin.

Dia menuturkan, sampai akhir Desember Waskita mempunyai kontrak yang belum dikerjakan sebanyak Rp100 triliun. Adapun dari kontrak sebesar Rp145 triliun, yang baru dikerjakan sekitar Rp44 triliun. Sedangkan Rp101 akan di-carry over tahun depan. “Belum lagi ditambah kontrak baru, kalau kontrak baru katakan Rp60 triliun ya jadi Rp160 triliun. Nah di produk tahun depan kira-kira Rp60 triliunan lah,”ujarnya.

Untuk memenuhi pendanaan proyek tersebut, sebagian akan dipenuhi dari penjualan tol dan sebagian akan dipenuhi dari ekuitas. Dirinya juga menambahkan, dalam menjual ruas tol itu, Waskita terbuka kepada investor. Investor tinggal menunjuk berminat dengan tol yang mana. Setelah itu jual beli tol akan dilakukan secara bussiness to bussines (b to b)."Sesukanya investor, investor suka yang mana itu yang akan kita jual duluan,"ungkapnya.


comments

logo-senokuncoro

Seno Kuncoro

author