Market Movers: Komentar Donald Trump Kembali Membayangi Pasar Keuangan Global

Market Movers: Komentar Donald Trump Kembali Membayangi Pasar Keuangan Global

Posted by Written on 03 February 2017


Dolar menguat di awal perdagangan hari Jumat di tengah serangkaian pernyataan kontroversi Presiden AS Donald Trump, dimana pernyataan yang terbaru bahwa Donald Trump mengkritik kesepakatan pengungsi AS-Australia dan mengatakan bahwa PM Australia Malcom Turnbul adalah salah satu pemimpin negara yang melakukan percakapan "paling buruk" dengannya diantara pemimpin negara lainnya. Mata uang AS berpotensi menguat lebih lanjut dengan ekspektasi kenaikan jumlah tenaga kerja di luar sektor pertanian yang datanya dirilis pada pukul 20:30 WIB. 

Pasar ekuitas Asia dibuka positif di akhir pekan dengan saat ini semua mata investor tertuju pada ketegangan antara Presiden AS Donald Trump dan beberapa pemimpin negara lainnya serta menunggu tren ketika pasar China dibuka kembali setelah berhenti akibat libur panjang. Untuk indeks Nikkei sendiri menguat pasca perilisan Minutes BoJ yang menunjukkan bahwa beberapa pembuat kebijakan tidak perlu menetapkan batasan yang kaku untuk mencapai target yield obligasi pemerintah untuk dikisaran nol persen. Sementara itu untuk indeks Kospi dapatkan sentimen positif dari data neraca berjalan yang surplus di bulan Desember.

Harga emas berpotensi menguat pada sesi perdagangan hari Jumat dengan meningkatnya kecemasan investor terhadap serangkaian pernyataan Donald Trump yang menyindiri beberapa pemimpin negara lainnya. Untuk data ekonomi, laporan NFP AS dapat membuat harga emas bergejolak. 

Harga minyak naik pada hari Jumat pada berita bahwa Presiden Donald Trump dapat berikan sangksi terbaru pada beberapa entitas Iran, kondisi tersebut dapat memicu ketegangan geopolitik terhadap kedua negara. Saat ini investor menantikan data manufaktur China, konsumen minyak terbesar di dunia, untuk pemicu lainnnya pergerakan harga minyak.

Butuh penjelasan pengetahuan trading lebih lanjut dengan tim riset dan edukasi kami? Silahkan klik tautan ini dan isi form tersedia untuk informasi selengkapnya


comments

logo-Monex

Monex

author