OVER

OVER

Posted by Written on 28 January 2007


Imam Semar
Spekulan Skeptis KSC


Judul artikel kali ini adalah over. Satu kata untuk menggambarkan situasi pasar saham yang over-bought (jenuh), over-valued (mahal), over-bullish (hilang akal), over-leverage (pakai viagra - Yen melemah terus tandanya carry trade masih jalan). Yang gila masih bermain. Yang masih waras sedang menunggu game-over di pinggir panggung.

Ramalan saya (tahun lalu) bahwa tahun 2006 akan terjadi koreksi besar-besaran di bursa saham tenyata salah. Index Dow jatuh kurang dari 10% diikuti bursa-bursa lainnya, pada pertengahan tahun 2006. Tetapi kemudian rally sampai akhir tahun dan akhirnya membukukan rekor positif untuk tahun anjing 2006.

Melesetnya ramalan tentang adanya koreksi itu juga tarohan saya dengan beberapa pendiri KlubSaham.Com (KSC) harus saya bayar dengan mentraktir para pendiri KSC yang berjumlah 20 orang (yang datang 10 orang) di restoran Pulau Dua Senayan. Kekalahan harus diakui. Dengan senang hati saya mentraktir para jin penunggu KSC dan bisa mengobrol dengan rekan-rekan penunggu KSC. Bagi saya, traktiran ini di satu pihak membayar kekalahan tarohan, di pihak lain merayakan kemenangan atas emas dan perak. Tahun 2006 saya banyak untung dari perak dan emas. Sedang dari trading option, keuntungan di awal tahun tersapu bersih di 2 kwartal akhir 2006 terkena short sqeeze.

comments

logo-Imam_semar

Imam_semar

author