Market Review 2003 (Bagian III)

Market Review 2003 (Bagian III)

Posted by Written on 02 March 2004


Tahun Monyet 2004 – cerdik, licin dan berakhir dengan angka mati

...excess credit which the Fed pumped into the economy spilled over into the stock market-triggering a fantastic speculative boom – Alan Greenspan, 1967

Percaya atau tidak kutipan di atas adalah ucapan boss the Fed, Alan Greenspan. Tetapi itu ucapannya dulu tahun 1967 ketika dia masih seorang gold-bug – kelompok yang percaya pada uang sejati bukan uang kertas yang landasannya undang-undang. Greenspan tahu persis mengenai hal ini dan memanfaatkan hal ini untuk menyemarakkan pemilihan umum US tahun 2004 ini. Bersama-sama dengan Bush cs, mereka memompakan kredit (uang) ke dalam ekonomi dan membuat excess credit dan seperti dalilnya yang dikeluarkannya tahun 1967, membuat fantastic speculative booms di berbagai sektor – konsumsi di US, property/real estate di US dan bursa saham di dunia. Harapannya bahwa boom (baca: kebangkitan) konsumsi akan memicu investasi dalam negri US dan kemudian membuka lapangan kerja, yang kemudian dapat mempertahankan tingkat konsumsi dan seterusnya. Usaha ini dapat dipastikan akan sia-sia.

Selama 3 tahun terakhir ini US$ sudah jatuh 56% terhadap Euro. Sayangnya partner dagang US dimana US mengalami defisit perdagangan terbesar adalah Cina dan Jepang bukan Eropa.

comments

logo-Imam_semar

Imam_semar

author